Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Sabtu, 31 Maret 2012

Khasiat Buah-buahan Musim Panas

Manfaat Buah-buahan Musim Panas
      Manfaat buah-buahan sudah tentu baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Seperti juga buah-buahan musim panas lainnya, anggur merah dan hitam, strawberry serta semangka juga mengandung nutrisi yang tak kalah penting bagi kesehatan tubuh. Mari kita bahas satu persatu manfaat buah-buahan musim panas ini.
Anggur merah dan hitam
Kedua buah ini merupakan sumber fitonutrisi yang dikenal dengan antosianin, yang memiliki kekuatan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan 50 kali lebih besar dari vitamin E. Manfaat buah-buahan anggur merah dan hitam juga mengandung reservatol, yaitu sebuah fitonutrisi yang mampu melindungi dari penyakit jantung serta potasium yang sangat penting untuk kesehatan sistem peredaran darah. Untuk mengkonsumsinya, anggur merah dan hitam dapat dimakan langsung atau bisa juga dikombinasikan dengan dengan buah-buahan lain untuk membuat pudding yang beraneka warna.
Strawberry
Buah ini merupakan salah satu yang paling digemari oleh anak-anak. Selain mengandung kadar vitamin C yang tinggi, strawberry juga dapat memperkuat pertahanan kekebalan tubuh pada anak Anda serta melindungi dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.
Namun begitu, potensi alergi yang dimiliki oleh strawberry ini juga sangat tinggi. Maka dari itu, sebaiknya berikan anak Anda buah strawberry setelah berusia dua tahun. Meskipun dapat dimakan langsung, namun strawberry juga dapat dicampur bersama dengan buah-buahan berakhiran berry lainnya untuk dibuat pudding dan jus.
Semangka
Buah ini 95 persen terdiri dari air, itulah sebabnya semangka sangat baik untuk dijadikan cemilan penghilang dahaga. Semangka juga mengandung vitamin C yang tidak hanya membantu anak Anda melawan infeksi, namun juga membantu penyerapan zat besi dari makanan lainnya. Bagian yang berwarna putih kemerahan di dekat kulit merupakan sumber nutrisi utama karena mengandung beta-karoten dan likopen yang merupakan antioksidan yang sangat kuat dan dapat mencegah kanker dengan membasmi bibit-bibitnya.
Kanker yang dapat dicegah oleh buah semangka ini antara lain kanker pankreas dan kanker mulut rahim pada wanita serta kanker lain seperti kanker prostat, kanker pencernaan, kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker rongga mulut serta kanker lambung. Untuk merasakan manfaat buah-buahan dan mendapati olahan lain dari buah semangka ini, Anda dapat mencoba resep berikut.
Salad buah tropis dengan yoghurt dan biji panggang
Bahan-bahan :
  • 1/2 buah blewah, dipotong kecil
  • 2 buah kiwi, dikupas dan diiris-iris
  • 1 buah mangga, dikupas dan dipotong kecil
  • 1 buah pepaya, buang bijinya dan potong kecil-kecil
  • 1/4 buah semangka, potong kecil -kecil
  • 225 ml jus jeruk segar
  • yoghurt kedelai untuk penyajian
  • biji panggang untuk taburan, diremukkan
Cara membuat :
  1. Masukkan semua buah-buahan ke dalam satu wadah
  2. Siram dengan jus jeruk segar, kemudian aduk merata
  3. Untuk menyajikannya, masukkan campuran buah-buahan dan jus jeruk tadi secukupnya ke dalam mangkuk kecil
  4. Siram dengan yoghurt sesuai selera
  5. Taburi dengan biji panggang sebelum disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar