Bagi para padagang Online maupun Offline sebaiknya memahami beberapa karakterikstik Pembeli berikut ini, agar bisa mendapatkan konsumen, penjualan yang lebih banyak lagi dan mempertahankan pelanggan :
1. Price Oriented
Beorientasi kepada Harga. Tipe pembeli ini orientasi
utamanya mencari harga murah. Terkadang kualitas tidak begitu
dipedulikan asal tampilan luar oke. Pembeli ini akan mencari
perbandingan harga sebanyak banyaknya sampai ditemukan harga yang
semurah mungkin.
Jika mereka online, akan melakukan searching di
internet dalam waktu yang lama, menyusuri, mungkin lebih dari satu
halaman hasil pencarian Search Engine (SERP) untuk medapatkan informasi
harga yang murah.
Jika offline, mereka akan mengunjungi suatu kawasan
pertokoan besar yang banyak pedagangnya sehingga bisa mudah membanding
bandingkan.
Contoh kasus adalah para pembeli handphone buatan
China. Seperti kenyataan di pasaran, handphone-handphone ini syarat
fitur, bisa 2 – 4 kartu sekaligus, ada TV nya, banyak game dll. Dari
sisi fitur mengalahkan handphone Branded yang sudah lebih dahulu keluar,
tetapi harganya jauh lebih murah. Tetapi secara kualitas,
handphone-handphone China ini masih dipertanyakan, sebab jika ada
kerusakan, battery misalnya, akan susah sekali mencari penggantinya.
2. Quality Oriented
Berorientasi kepada Kualitas. Merk mungkin tidak
begitu dipedulikan, asal kualitasnya bagus. Mereka akan mencari
informasi yang dalam mengenai suatu produk sebeum membelinya. Mereka
akan mencari pendapat atau testimoni para pengguna sebelumnya melalui
forum, milist atau social media. Bagi konsumen tipe ini, harga nomor
dua,yang terpenting produk yang akan dibelinya sudah banyak yang pakai
dan komentarnya positif.
3. Fanatic Buyer / Irrasional Buyer
Pembeli tipe ini kurang mempedulikan harga dan bahkan
mungkin kualitas. Yang terpenting bagi mereka adalah mendapatkan produk
dengan merk tertentu yang sudah biasa mereka pakai. Pembeli tipe ini
akan rela antri berjam-jam demi mendapatkan produk baru merk yang
diinginkannya.
Contoh kasus pembeli tipe ini adalah : para pengguna
komputer Apple. Mereka rela membeli produk Apple (Macbook, Ipad, Iphone
dll), padahal harga produk ini relatif lebih tinggi dibanding produk
lain sejenis.
Lala bagaimana seharusnya sikap kita sebagai pejual
untuk menghadapi kemungkinan dari karakteristik pembeli di atas, berikut
langkah-langkahnya :
1. Mencari produsen langsung atau pemilik produk
Tidak melalui tangan kedua apalagi ketiga agar bisa menjual dengan harga yang lebih kompetitif.
2. Menjual produk yang berkualitas
Produk original, ada layanan purna jual yang baik, bergaransi dll
3. Menjual produk branded
Produk branded atau ber merk yang sudah lama berada
dipasaran biasanya sudah mempunyai Fanatic Buyer / User. Seperti contoh
di atas misalnya, Apple, Nokia, Honda dll.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar