Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Senin, 05 Desember 2011

Galaksi NGC 1097


Gbr. Galaksi NGC 1097, data observasi (J2000 epoch) di kostelasi Fornax, mempunyai 2 satelit yang berjarak 45 juta tahun cahaya.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/NGC_1097

Galaksi NGC 1097 sama seperti galaksi Bima Sakti yang berbentuk spiral. Pada bagian lengan spiral berwarna merah dan jari-jari berputar-putar terlihat di antara debu menunjukkan bahwa lengan galaksi tersebut dipanaskan oleh bintang-bintang yang baru lahir. Galaksi ini terletak 50 juta tahun cahaya dari Bumi dan memiliki lubang hitam yang sangat besar dan ganas pada bagian pusatnya yang dikelilingi oleh badai pembentukan bintang.
Dalam pandangan kode inframerah baru dari NASA’s Spitzer Space Telescope, daerah di sekitar lubang hitam terlihat seperti cincin biru dan bintang-bintang putih. Lubang hitam tidak dapat dilihat karena materi dan cahaya terperangkap di dalamnya. Tapi mereka dapat diidentifikasi oleh interaksi gravitasi dengan lingkungan sekitarnya. Lubang hitam itu sangat besar, sekitar 100 juta kali massa matahari kita, dan ia dapat menelan gas dan debu dan bintang di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar