Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Senin, 05 Desember 2011

Menguak Sisi Galaksi Andromeda (Messier 31)



Galaksi Andromeda adalah galaksi yang dekat dengan galaksi Bima Sakti. Galaksi ini dikenal juga sebagai Messier 31 merupakan kembaran Galaksi Bima Sakti dengan pusaran ratusan miliar bintang. Hal ini terlihat seperti kembang api Catherine yang dimiringkan menjauhi kita.
Pengamatan pertama galaksi ini adalah dilakukan seorang astronom Persia, Abd-al-Rahman Al-Sufi sekitar tahun 905 M yaitu Andromeda tercatat sebagai awan kecil”. Kemudian galaksi ini ditemukan pula oleh ahli astronomi berkebangsaan Bavaria, yaitu Simon Marius pada tahun 1612.
Galaksi Andromeda dikategorikan sebagai galaksi raksasa karena memiliki diameter sekitar 200 ribu tahun cahaya atau dua kali lebih besar daripada galaksi Bima Sakti (Milky Way). Dengan massa 300 sampai 400 milyar kali massa Matahari. Sedangkan jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bima Sakti.
Di samping itu pada bagian lebih jauh dari pusat tampak seperti Cincin yang berwarna merah-jingga. Ini merupakan daerah yang berdebu dan lebih dingin, tempat dimana bintang-bintang baru terbentuk. Selain itu terdapat sinar biru terang yang gambarnya diambil dengan observatorium antariksa XMM-NEWTON, dengan pemantau kosmos yang dilengkapi visi sinar-X. Sinar biru ini sebagai tanda pudarnya sejumlah bintang yang membentuk lubang hitam dan bintang-bintang kembar terkunci dalam perjalanannya untuk tetap hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar