Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Rabu, 18 April 2012

7 Hewan Kutub Utara

Wow! Inilah 7 Hewan Kutub Utara!

Sahabat Orbit, apa yang terbayang kalau kita menyebutkan wilayah kutub utara? Pasti daratan yang dingin dan diselimuti es kan? Brrr.. Walaupun kutub utara bersuhu sangat dingin, banyak juga hewan-hewan yang hidup disana yang sangat jarang kita temui diwlayah lain. Yuk kita bahas bersama-sama!

Beruang Kutub
 
Hewan yang satu ini mungkin sudah sering kita kenal. Beruang kutub yang memiliki nama ilmiah Ursus Maritimus termasuk spesies yang hidup disekitar wilayah kutub atau istilah kerennya circumpolar. Sebagai karnivora, beruang kutub bertahan hidup dengan memangsa ikan dan juga anjing laut.

Wolverine

Namanya seperti tokoh jagoan dalam film superhero yah Sahabat Orbit. Tapi ternyata hewan ini tidak seseram yang dibayangkan kok. Wolverine masih satu spesies dengan keluarga musang dan lebih mirip dengan berang-berang. Wolverine juga memiliki cakar yang biasa digunakan untuk mendaki bukit es ataupun menggali.

Lynx

Kita memang sering melihat kucing, tapi Lynx bukanlah kucing biasa lho. Lynx mempunyai kaki yang panjang dan cakar yang panjang sehingga memudahkannya untuk berjalan di atas salju yang tebal. Setiap harinya kucing ini berburu kelinci snowshoe untuk menjadi makanannya. Namun, Lynx ternyata masuk dalam hewan yang terancam punah karena jumlahnya yang sedikit.

Kelinci Arktik (Kelinci Kutub Utara)

Lucu deh, Kelinci ini punya bulu yang unik sesuai musim di kutub utara. Pada bulan-bulan di musim dingin bulu kelinci arktik yang tebal ini berubah menjadi putih, tapi saat memasuki musim panas bulunya berubah menjadi coklat keabu-abuan. Bulunya yang bisa berubah-ubah ini memudahkan kelinci langka ini untuk berbaur dengan lingkungannya dan menghindari diri dari serangan mangsa. Sesuai dengan namanya, kelinci Arktik hanya bisa ditemui didaerah kutub utara saja.

Paus Beluga

Paus yang memiliki nama ilmiah Delphinapterus leucas ini memiliki panjang tubuh hingga 5 meter dan hidup didaerah perairan laut kutub utara dan sekitarnya. Permukaan kulit paus yang putih membuatnya dijuluki sebagai paus putih. Mamalia laut ini juga dinamai beluga yang berarti kenari laut karena lengkingan suaranya yang tinggi.

Narwhal

Hewan yang satu ini memang jarang sekali yah kita temui Sahabat Orbit. Narwhal atau biasa disebut unicorn laut memiliki taring yang menonjol keluar dan lebih mirip seperti tanduk, panjangnya bisa mencapai 10 meter lhoo! Wow! Tanduk ini berfungsi sebagai sensor untuk mengetahui kualitas air dan mengetahui keberadaan narwhal lain. Hewan ini memangsa cumi-cumi sebagai santapannya.

Burung Hantu Salju

Untuk Sahabat Orbit yang suka sama film Harry Potter pasti tahu burung hantu yang bernama Hedwig? Yup, burung hantu yang menjadi sahabat Harry ini adalah jenis burung hantu salju. Sebenarnya burung ini merupakan burung satu-satunya yang hidup di kutub utara dan tidak bermigrasi kemana-mana. Saat baru menetas, bulu burung hantu salju ini berwarna abu-abu, tapi setelah tumbuh dewasa burung hantu salju berubah warna menjadi putih, seputih salju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar