Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Rabu, 18 April 2012

Melelehnya Lapisan Es Kutub Utara

PARA periset AS dan China melaporkan Senin, melelehnya lapisan es di laut Kutub Utara bisa jadi menyebabkan musim dingin bersalju lebih banyak seperti telah terjadi di belahan bumi utara dalam dua musim terakhir.
Level lapisan es laut di Kutub Utara mencapai rekor terendah baru dalam 2007, ungkap studi oleh Georgia Institute of Technology dan dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sementara curah salju di atas rata-rata telah menyelimuti banyak daerah di AS utara, Eropa baratlaut dan tengah, dan China utara dan tengah.

Belahan bumi utara ditutupi lapisan salju terluas kedua dan ketiga dalam sepanjang catatan sejarahnya pada dua musim terakhir, sehingga memperpanjang musim dingin tahun 2009-2010 dan 2010-2011.

Para peneliti yakin melelehnya lapisan es di Kutub Utara menyebabkan penguapan air lebih banyak ke udara, sehingga mengacau arus atmosfer dan angin barat yang secara tipikal membawa cuaca bersalju ke arah utara.

Sebaliknya, udara lebih dingin turun ke garis lintang sedang dan lebih rendah, sehingga "menyebabkan makin tingginya curah salju di Eropa dan wilayah timurlaut dan bagian tengah barat Amerika Serikat," papar Jiping Liu, seorang ilmuwan riset senior dari Georgia Tech.

Riset itu melibatkan para ilmuwan dari Chinese Academy of Sciences dan Columbia University New York, dan didukung NASA dan National Science Foundation. (afp/bh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar