Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Kamis, 28 Juni 2012

Masa Ideal untuk Menyusui secara Alami


 
"Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan" ….

Berapa lama waktu yang ideal untuk menyusui bayi sampai mendapatkan gizi yang penuh, kecerdasan yang tinggi dan respon imun yang kuat? Apakah konsisten dengan periode ini seperti yang dinyatakan dalam Kitab Allah, Al-Qur’an ?....
Margaret Chan, direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam kesempatan World Breastfeeding Week mengatakan, "Cara terbaik untuk mencegah kekurangan gizi, kematian bayi dan anak-anak adalah dengan memberi mereka ASI Eksklusif selama sejam pertama dari kelahirannya.
Dalam sambutannya yang disampaikan pada acara yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 7 Agustus 2009, Direktur WHO tersebut menegaskan bahwa betapa pentingnya memberikan ASI Ekslusif terhadap bayi yang baru lahir, tanpa memberikan makanan atau cairan lainnya, sekalipun air. Hal itu dilakukan sehingga bayi berusia enam bulan. Para ibu tetap memberi mereka ASI dengan memberinya makanan tambahan sampai mereka mencapai usia minimal dua tahun.
Studi menunjukkan bahwa memberikan ASI selama dua tahun adalah sangat penting dalam kehidupan setiap anak. Hal itu untuk meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh dan memiliki ketahanan terhadap berbagai penyakit, serta memberikan kemampuan lebih besar untuk berinovasi dan meningkatkan kecerdasan. Banyak sekali manfaat yang diperoleh bayi, jika mereka memperoleh ASI Ekslusif selama dua tahun penuh.
 
Dalam kesempatan ini, kami ingatkan nasihat Ilahi yang telah diturunkan sebelum adanya anjuran dari WHO dan para dokter. Allah Ta`ala berfirman, “
(وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ)
Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan (al-Baqarah: 233)
Perhatikan, dalam ayat di atas Allah SWT tidak mengatakan  حَوْلَيْنِ (dua tahun), tetapi Dia mengatakan  حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ (selama dua tahun penuh) untuk memberikan penekanan agar pada ibu memberi ASI selama dua tahun penuh.
Kami berkata: "Ini adalah sebuah pesan baru bagi setiap orang yang meraguan kenabian Nabi Muhammad saw, bagaimana beliau yang hidup pada abad ketujuh dapat mengetahui masa ideal bagi para ibu untuk memberikan ASI Ekslusif kepada para bayinya sebagaimana ditetapkan oleh WHO di abad ke dua puluh satu ini?!”
Referensi:
1.                   http://www.who.int/features/qa/21/en/index.html
2.                   http://aljazeera.net
3.                   Breast milk contains stem cells, http://www.sciencealert.com.au/news/20081102-16879.html
8.                   http://news.bbc.co.uk/hi/arabic/news/newsid_889000/889021.stm
http://news.bbc.co.uk/hi/arabic/news/newsid_3019000/3019411.stm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar