Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Rabu, 11 April 2012

Keadaan Cuaca di Australia

Cuaca di Australia
Australia memiliki cuaca sedang hampir sepanjang tahun, tetapi iklimnya bermacam-macam akibat besarnya benua kami.
Negara bagian di utara biasanya bercuaca hangat hampir sepanjang waktu, sedangkan negara bagian di selatan mengalami musim salju yang lebih dingin.
Australia juga merupakan salah satu benua terkering di bumi dengan curah hujan tahunan rata-rata tidak sampai 600 mm.
Seperti semua negara di belahan bumi selatan, musim di Australia berkebalikan dengan musim di belahan bumi utara.
Desember sampai Februari musim panas; Maret sampai Mei musim gugur; Juni sampai Agustus musim salju, dan September sampai November musim semi.

Cuaca di Sydney [New South Wales]

New South Wales terletak di zona iklim sedang. Pegunungan Great Dividing, di bagian timur negara bagian ini, berdampak besar pada iklim, membentuk empat zona yang berbeda-beda: jalur pesisir, dataran tinggi, Lereng Barat, dan pedesaan lebih datar di barat. Iklim Sydney sedang dan nyaman sepanjang tahun, dengan lebih dari 340 hari cerah per tahun. Pada musim panas (Desember sampai Februari), suhu maksimum rata-rata di Sydney sekitar 26°C. Udara juga kadang-kadang lembap pada musim ini, dengan kelembapan rata-rata 65 persen. Suhu maksimum rata-rata pada musim salju (Juni-Agustus) sekitar 16°C. Curah hujan Sydney paling tinggi antara bulan Maret dan Juni.

Cuaca di Melbourne [Victoria]

Iklim Victoria ditandai oleh beberapa zona iklim, dari daerah yang panas dan kering di barat laut hingga padang salju di pegunungan tinggi di timur laut. Curah hujan tahunan rata-rata berkisar dari tidak sampai 250 mm di beberapa bagian hingga lebih dari 1800 mm di beberapa daerah pegunungan. Melbourne terkenal akan cuacanya yang berubah-ubah, tetapi secara umum kota ini menikmati iklim sedang dengan musim panas yang hangat hingga terik; musim semi dan gugur yang sejuk; dan musim salju yang dingin. Suhu rata-rata 25°C pada musim panas dan 14°C pada musim salju. Curah hujan paling tinggi dari bulan Mei sampai Oktober.

Cuaca di Adelaide [Australia Selatan]

Iklim Australia Selatan bervariasi dari panas dan kering di pedalaman hingga iklim lebih dingin dan basah di selatan dan di pesisir tenggara. Adelaide secara umum mengalami musim salju yang sejuk dan basah, serta musim panas yang kering dan terik. Adelaide adalah kota terkering di antara semua ibu kota Australia. Curah hujan rata-rata pada bulan Januari dan Februari (musim panas) sekitar 20 mm, tetapi sering juga berbulan-bulan tidak turun hujan. Juni adalah bulan bercurah hujan tertinggi, rata-rata sekitar 80 mm. Suhu maksimum rata-rata 29°C pada musim panas dan 15–16°C pada musim salju.

Cuaca di Perth [Australia Barat]

Australia Barat memiliki sejumlah zona iklim karena berukuran sangat luas. Di barat laut, hujan lebat menandai musim "hujan" musim panas, meski pun daerah pedalaman umumnya kering dengan suhu musim panas yang tinggi; sementara daerah barat daya mengalami musim salju yang basah dan sejuk serta musim panas yang kering dan terik. Curah hujan Perth paling tinggi antara bulan Mei dan September. Februari biasanya bulan terpanas, dengan suhu rata-rata 31°C. Angin laut yang disebut ‘Si Dokter Fremantle’ bertiup dari barat daya, meredakan hawa panas sejenak. Musim salju relatif sejuk dan basah dengan suhu sekitar 18°C.

Cuaca di Brisbane [Queensland]

Brisbane memiliki iklim subtropis dengan cuaca hangat atau panas hampir sepanjang tahun. Pada musim panas (Desember – Februari), suhu maksimum rata-rata sekitar 30°C. Kota ini mengalami curah hujan terbanyak pada musim panas, yang kadang-kadang berupa badai petir dengan hujan deras. Pada masa ini udara kadang-kadang sangat lembap.
Musim salju umumnya kering, sejuk, dan nyaman. Pada musim salju biasanya hari cerah dengan suhu rata-rata sekitar 17°C. Curah hujan bulanan rata-rata sepanjang tahun sekitar 96 mm.

Cuaca di Cairns [Queensland]

Iklim Queensland ditandai dengan curah hujan yang rendah dan musim panas terik di barat pedalaman, musim monsun di utara, dan keadaan subtropis yang hangat di sepanjang jalur pesisir. Dataran pedalaman yang kering mencatat suhu tertinggi pada musim panas, saat curah hujan median tahunan di bawah 200 mm. Cairns memiliki iklim tropis, dengan musim panas yang lembap dan terik serta musim salju yang sejuk dan kering. Curah hujan tahunan rata-rata 1992 mm, sebagian besar turun antara bulan Januari dan Maret. Suhu siang standar di Cairns adalah 23-31°C pada pertengahan musim panas dan 18°C pada pertengahan musim salju. Kadang-kadang angin puyuh tropis terjadi dari November sampai Mei di daerah pesisir.

Cuaca di Hobart [Tasmania]

Karena Tasmania berupa pulau, dan tak ada tempat di sana yang berjarak lebih jauh dari 115 kilometer dari laut, iklimnya digolongkan sebagai iklim laut sedang yang sejuk. Musim panasnya sejuk dan curah hujan tersebar cukup merata sepanjang tahun, tetapi curah hujan terbesar pada bulan-bulan musim salju. Karena letaknya lebih selatan, perubahan musim lebih terasa di Tasmania daripada bagian lain di Australia. Hobart mengalami empat musim yang berbeda-beda. Bulan terpanas, Januari dan Februari, juga merupakan bulan terkering dengan suhu rata-rata sekitar 21°C. Meski pun terpapar angin selatan dari Antarktika, Hobart terlindung oleh Gunung Wellington dari cuaca terburuk.

Cuaca di Canberra [Teritorial Ibu Kota Australia]

Canberra memiliki iklim benua yang umumnya kering, dengan musim panas yang hangat hingga terik, serta musim salju yang sejuk. Curah hujan tahunan rata-rata 629 mm, yang tersebar cukup merata sepanjang tahun. Bulan dengan curah hujan tertinggi adalah Oktober dan terendah adalah Juni. Pada musim dingin, salju turun di dekat sekitar pegunungan Alpen Australia. Januari adalah bulan terpanas, dengan suhu maksimum rata-rata 28°C. Bulan terdingin adalah Juli, dengan suhu harian rata-rata 11°C, yang dapat turun di bawah nol pada malam hari. Canberra mendapat sinar matahari sekitar sembilan jam sehari pada musim panas, yang turun menjadi sekitar lima jam pada musim salju.

Cuaca di Alice Springs [Teritorial Utara]

Iklim Teritorial Utara sangat berbeda dengan iklim Australia selatan, dan sangat bervariasi antara bagian utara, yang dikenal sebagai "Top End", dan ujung selatan. Ada dua musim: musim "hujan" (Oktober sampai April) dan "kemarau" (Mei sampai September). Iklim Alice Springs sangat bertolak belakang, dengan musim panas yang terik dan musim salju yang dingin, ketika suhu malam hari dapat berada di bawah nol. Curah hujan sangat bervariasi dari tahun ke tahun, tetapi rata-rata tahunan sekitar 286 mm. Suhu siang pada musim panas umumnya di atas 30, dengan malam yang kering dan sejuk. Musim semi kadang-kadang mendatangkan badai petir, hujan es, dan badai debu.

Cuaca di Broome [Australia Barat]

Untuk informasi mutakhir tentang cuaca di negara bagian Australia dan ibu kotanya, kunjungi situs web Biro Meteorologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar