Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Selasa, 24 Januari 2012

Pilihan Jurusan di Universitas Indonesia



# 1 Fakultas Kedokteran

    * 1.1 Jenjang S1
    * 1.2 Jenjang S2 (Magister)
    * 1.3 Jenjang S3 (Doktor)

# 2 Fakultas Kedokteran Gigi

    * 2.1 Sejarah
    * 2.2 Departemen
    * 2.3 Penelitian
    * 2.4 Pranala luar

# 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat

    * 3.1 Sejarah
    * 3.2 Jenjang Studi
    * 3.3 Program Internasional
    * 3.4 Penelitian

# 4 Fakultas Ilmu Keperawatan

    * 4.1 Sejarah
    * 4.2 Program Pascasarjana
    * 4.3 Pranala luar

# 5 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

    * 5.1 Sejarah
    * 5.2 Departemen
          o 5.2.1 Biologi
          o 5.2.2 Farmasi
          o 5.2.3 Fisika
          o 5.2.4 Geografi
          o 5.2.5 Kimia
          o 5.2.6 Matematika
    * 5.3 Pranala luar

# 6 Fakultas Teknik

    * 6.1 Sejarah
    * 6.2 Program Studi
    * 6.3 Pranala luar

# 7 Fakultas Ilmu Komputer

    * 7.1 Sejarah
    * 7.2 Jenjang Studi
          o 7.2.1 Program sarjana kelas Ekstensi
          o 7.2.2 Program sarjana
                + 7.2.2.1 Jenjang Magister (S2)
                + 7.2.2.2 Jenjang Doktor (S3)
    * 7.3 Pranala luar

# 8 Fakultas Hukum

    * 8.1 Sejarah
    * 8.2 Jenjang studi
    * 8.3 Program Studi
    * 8.4 Pranala luar

# 9 Fakultas Ekonomi

    * 9.1 Sejarah
    * 9.2 Program pendidikan
    * 9.3 Pranala luar

# 10 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

    * 10.1 Sejarah
          o 10.1.1 Pergantian nama
    * 10.2 Departemen
    * 10.3 Program Studi dan Lembaga
    * 10.4 Fasilitas
    * 10.5 Pranala luar

# 11 Fakultas Psikologi

    * 11.1 Sejarah
    * 11.2 Jenjang Studi
    * 11.3 Program kelas internasional
    * 11.4 Referensi
    * 11.5 Pranala luar

# 12 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    * 12.1 Sejarah
    * 12.2 Jenjang Studi
    * 12.3 Program Studi

View :

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran UI atau disingkat FKUI terdapat di Salemba dengan total luas area 16.209 m2. Saat ini, FKUI dipimpin oleh dr. H. Menaldi Rasmin, Sp.P(K)., FCCP. FKUI memiliki lima program pendidikan, yaitu Program Diploma, Program Sarjana, Program Pendidikan Dokter Spesialis, Program Magister, dan Program Doktor. FKUI merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia.

Sejarah kelahiran FMUI bermula dari didirikannya Dokter Djawa School pada tahun 1851. Pada tahun 1898 Dokter Djawa School diubah namanya menjadi STOVIA, dan pada 1927 diubah lagi menjadi Geneeskundige Hooge School. Pada masa pendudukan Jepang, lagi-lagi namanya diubah menjadi Ika Daigaku.

Pada masa kemerdekaan Indonesia, pemerintah Indonesia menggabungkan Ika Daigaku ke dalam Balai Perguruan Tinggi RI dan mengubah namanya menjadi Pendidikan Tinggi Kedokteran. Setelah Indonesia mendapat kemerdekaan penuh di akhir tahun 1940-an, pemerintah mengambil alih sekolah kedokteran yang didirikan Belanda, Geneeskundige Faculteit Nood Universiteit van Indonesia, dan menggabungkannya dengan Pendidikan Tinggi Kedokteran. Gabungan ini kemudian diberi nama baru, yaitu Fakultas Kedokteran yang berada di bawah naungan Universitas Indonesia pada 2 Februari 1950. Kegiatan perkuliahan awalnya dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Jakarta dan di Surabaya, namun sejak tahun 1954, Fakultas di Surabaya digabungkan ke Universitas Airlangga.

Program pendidikan akademik Fakultas Kedokteran UI saat ini berjenjang mulai dari Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), hingga Strata 3 (S3)

Jenjang S1

Program Studi Pendidikan Dokter terdapat Program Sarjana Reguler dan Program Sarjana Kelas Khusus Internasional bekerjasama dengan The University of Melbourne dan Monash University dilanjutkan dengan program pendidikan profesi jenjang pertama/dokter.

Jenjang S2 (Magister)

Program Magister dibagi menjadi beberapa jurusan dimana terdapat

   1. Program Studi Ilmu Biomedik dengan kekhususan : Anatomi, Biokimia, Biologi Kedokteran, Farmakologi, Fisiologi, Histologi, Imunologi, Mikrobiologi, Parasitologi, Patobiologi, Sciences Reproduksi Kedokteran, Sciences Transfusi, Onkologi
   2. Program Studi Ilmu Gizi dengan Kekhususan : Ilmu Gizi Klinik, Ilmu Gizi Komunitas
   3. Program Studi Kedokteran Kerja dengan Kekhususan peminatan: Kedokteran Kerja, Penerbangan, Kedokteran Hiperbarik
   4. Program Pendidikan Magister Kedokteran Profesi Jenjang kedua Dokter (Spesialis I) dengan program studi:
         1. Anestesiologi
         2. Ilmu Bedah
         3. Ilmu Penyakit Dalam
         4. Ilmu Kesehatan Anak, Neurologi
         5. Ilmu Kedokteran Jiwa
         6. Obstetri dan Ginekologi
         7. Ilmu Penyakit Mata
         8. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
         9. Ilmu Kesehatan THT
        10. Bedah Kepala & Leher
        11. Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
        12. Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi
        13. Radiologi
        14. Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
        15. Patologi Anatomik
        16. Patologi Klinik
        17. Orthopaedi dan Traumatologi
        18. Ilmu Urologi
        19. Ilmu Bedah Saraf
        20. Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik
        21. Ilmu Bedah Plastik
        22. Ilmu Kedokteran Olahraga
        23. Mikrobiologi Klinik
        24. Farmakologi Klinik
        25. Ilmu Kedokteran Okupasi.

Jenjang S3 (Doktor)

Program Doktor menempati area seluas 2,84 hektar yang berlokasi di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Fakultas Kedokteran UI memiliki sarana penunjang kegiatan belajar dan mengajar seperti perpustakaan (buka 24 jam), pusat komputer & laboratorium untuk keperluan analisis dan praktek seperti laboratorium pendidikan dan penelitian.

Program-program studi S3 yang terdapat disini diantaranya adalah:

    * Program Studi Ilmu Biomedik
    * Program Studi Ilmu Gizi
    * Program Studi Ilmu Kedokteran

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi UI disingkat FKG UI adalah fakultas kedokteran khusus untuk kesehatan gigi dan mulut yang berada dibawah Universitas Indonesia. Saat ini (2008) fakultas ini dipimpin oleh Prof. Bambang Irawan, drg,Ph.D.

Sejarah

FKG UI berdiri pada tahun 1961, dengan 71 satu orang mahasiswa sebagai angkatan pertamanya. Pendirian fakultas ini dirintis karena munculnya keprihatinan tentang kondisi kedokteran gigi di Indonesia. Ketika itu, perbandingan antara dokter gigi dan penduduk masih sangat kecil, yaitu 1 : 200.000, selain itu, lulusan dokter gigi juga hanya berasal dari dua fakultas (FKG Unair dan FKG UGM) dengan jumlah yang sangat sedikit, tidak pernah lebih dari 35 orang.

Pada tahun 1959, Prof. Dr. Ouw Eng Liang (alm) dan kawan-kawan dari bagian Gigi dan Mulut FKUI mengajukan rencara terinci pendirian FKG di UI. Rencana itu mendapat dukungan pula dari Rektor UI Dr. Sudjono Djuned Pusponegoro dan Dekan FKUI Prof. Dr. M. Soekardjo. Pada tanggal 21 Desember 1960, Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI No. 108049 yang berisi tentang pendirian Fakultas Kedokteran Gigi di UI dikeluarkan. Sejak itulah, lahir FKGUI yang merupakan Fakultas Kedokteran Gigi Negeri keempat di Indonesia dengan Prof. Dr. Ouw Eng Liang sebagai Dekan pertama.

Tahun 1961, FKGUI yang memiliki 2 Staf Pengajar Tetap, 37 Staf Pengajar Luar Biasa, dibantu 7 tenaga administrasi termasuk pesuruh secara resmi membuka pintunya bagi mahasiswa baru. Awalnya, FKGUI praktis tak mempunyai fasilitas gedung dan perlengkapan. Satu-satunya ruang adalah ruang pinjaman dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) yaitu bagian Tata Usaha Ilmu Penyakit Gigi dan Mulut RSCM. Untuk kuliah tingkat persiapan, pelaksanaan dan tempatnya digabung bersama mahasiswa tingkat I FKUI. Sedangkan praktikum Anatomi Gigi menggunakan tempat penitipan sepeda RSCM (kini tempat parkir paviliun Cendrawasih RSCM). Pada 17 Oktober 1963, mengingat meningkatnya kebutuhan mahasiswa dan keterbatasan fasilitas, maka sebagian ruang depan Perpustakaan Rakyat milik Departemen Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI di Salemba 4 diserahkan kepada FKGUI. Namun, kuliah dan praktikum masih bergabung dengan FKUI. Tahun berikutnya, pada 1964, FKGUI mendapat ruang tambahan yaitu bagian belakang dari Perpustakaan Rakyat. Sebagian ruang itu digunakan untuk preklinik (praktikum) mahasiswa tingkat III sebagai persiapan kepaniteraan klinik di tingkat IV nanti.

Pada bulan April 1965, seluruh ruang Perpustakaan Rakyat diserahkan ke FKGUI sehingga kuliah dan praktikum yang bersifat dental dan kegiatan kemahasiswaan dilakukan disini. Pada 27 Maret, FKGUI membuka poliklinik gigi untuk umum bertempat di Biro Rektor UI. Mulanya poliklinik ini terdiri dari Ilmu Pengawet Gigi dan Ilmu Meratakan Gigi, sedangkan bagian lain yang diperlukan dalam kepaniteraan klinik mendapat pinjaman ruang dari RSCM yaitu bagian Exodontia dan Bagian Ilmu Gizi Tiruan. Terjalinnya kerjasama antara FKGUI dan RSCM, maka bagian Ilmu Pengawet Gigi dan Ilmu Bedah Mulut pun dapat memakai sarana RSCM. Sedangkan kegiatan bagian Ilmu Gizi Tiruan dipindahkan ke FKGUI. Pada 1967, FKGUI berhasil meluluskan 15 dokter gigi.

Pada 1968, poliklinik gigi FKGUI diperluas dengan pengadaan laboratorium teknik dan pembukaan poliklinik baru di Pegangsaan Timur 17, hasil kerjasama dengan bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat FKUI. Poliklinik ini semula digunakan bagian Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Periodontologi. Pada 1969, poliklinik gigi di Salemba 4 diperluas dengan membuka bagian Periodontologi sehingga jumlahnya mencapai 17 dental unit . Kerjasama dengan fakultas dan instansi lain pun mulai dibina.

Pada 1970, FKGUI menempati gedung baru berlantai empat untuk kegiatan dental dan non-dental . Baru pada 1972, semua perkuliahan dan poliklinik dipusatkan di gedung ini, kecuali bagian Ilmu Bedah Mulut yang berada di RSCM. Berbagai bantuan pun mengalir ke FKGUI berkat jasa Prof. Dr. Sumantri Brodjonegoro (alm) sebagai Rektor UI. Di sisi lain, FKGUI juga berpartisipasi dalam Proyek Pedesaan UI melalui Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Serpong di Tangerang pada 1976. Pada 1978, FKGUI mendapat tambahan lagi gedung baru berlantai empat.

Departemen

Fakultas Kedokteran Gigi UI (FKG) membawahi 8 departemen, yaitu:

    * Departemen Bedah Mulut,
    * Departemen Penyakit Mulut,
    * Departemen Konservasi Gigi,
    * Departemen Periodontologi,
    * Departemen Prostodonsia,
    * Departemen Orhtodonsia,
    * Departemen Radiologi Ked.Gigi,
    * Departemen Dental Material Ked.Gigi.

Penelitian

    * Pada September 2006 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) Depok tercatat menjadi penyelenggarakan pertemuan ilmiah Lembaga Internasional Kedokteran Gigi se-Asia Tenggara (South East Association for Dental Education/SEAADE XVII) di Jakarta Convention Center[1]
    * Pada Agustus 2008 penelitian yang dipresentasikan Dr Ria Puspita, drg, pada sidang Ujian Terbuka Program Doktor di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) pada disertasinya dengan tema "Pengaruh Paparan Musik terhadap Kualitas Pertumbuhan Gigi dan Mandibula (Tulang Rahang)" memaparkan bahwa stimulasi musik yang harmonis mampu memacu pembentukan gigi dan mandibula (tulang rahang) anak tikus strain wistar menjadi lebih baik dan berkualitas. Disamping itu musik dapat meningkatkan hormon pertumbuhan. Dimana hormon pertumbuhan merupakan hormon utama yang berperan dalam pertumbuhan fisik termasuk pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi [2].

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia atau disingkat FKM UI adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang mempelajari tentang ilmu keselamatan dan kesehatan kerja (“K3”) yang merupakan bagian dari Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Keilmuan K3 merupakan perpaduan dari multidisiplin ilmu antara ilmu-ilmu kesehatan, ilmu perilaku, ilmu alam, teknologi dan lain-lain baik yang bersifat kajian maupun ilmu terapan dengan maksud menciptakan kondisi sehat dan selamat bagi pekerja, tempat kerja, maupun lingkungan sekitarnya, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Saat ini FKM UI dipimpin oleh Drs. Bambang Wispriyono, Apt., Ph.D untuk periode 2008—2012. 

Sejarah

Gagasan awal pendirian FKM-UI dicetuskan pertama kali oleh Dokter Mochtar yang menjabat sebagai Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Pencegahan FK-UI yang kemudian dilanjutkan oleh dokter Sajono Sumodidjojo pada tahun 1964 dengan mengajukan usulan proyek kepada Rektor Universitas Indonesia, Dekan FKUI dan Perwakilan WHO di Indonesia.[3]

Dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan nomor 26 tahun 1965 tanggal 26 Februari 1965 diputuskan bahwa Fakultas Kesehatan Masyarakat dibentuk di bawah naungan Universitas Indonesia. Pada tanggal 13 Maret 1965 Panitia Persiapan Pembentukan FKMUI terbentuk yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil FKUI, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Departemen Tenaga Kerja. Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 153/1965 yang memperbaiki SK yang terdahulu, menetapkan tanggal berdirinya FKMUI, yaitu 1 Juli 1965.[3]

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.5581/SEKRET/BUP/65 memutuskan dan menunjuk dokter Sajono Sumodidjojo sebagai dekan pertamanya.

Jenjang Studi

Jenjang S1, Program sarjana reguler terdiri dari Program studi Gizi dan Program studi Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Biostatistik, Epidemiologi, Informatika Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Manajemen Asuransi Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan. Manajemen Pelayanan Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Promosi Kesehatan.

Jenjang S2 Program Magister terdiri dari: Progran Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Gelar MKM), Program Stusi Epidemiologi (Gelar M.Epid), Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit (Gelar MARS), Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Gelar MKKK).

Program Internasional

Program Internasional Dual Master Degree (Gelar MKM dan MHM) Bekerjasama dengan Griffith University, Australia, Lulusan program ini bergelar MKM dari UI dan Master of Health Management dari GU. Untuk tahap awal tersedia dua kekhususan peminatan yaitu Manajemen Kesehatan Daerah (Regional Health Management) dan Environmental Health Epidemiology and Risk Management.

Jenjang S3 Program doktor dengan program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat , Ilmu Epidemiologi. Dengan peminatan Epidemiologi Klinik dan Epidemiologi Komunitas.

Penelitian

    * Pada Januari 2008 hasil survey Pusat Penelitian Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (FKMUI) tentang peringatan kesehatan di bungkus rokok menjadi landasan untuk gerakan yang dimotori oleh Tobacco Control Support Center—Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC—IAKMI) untuk memberi dukungan kepada kalangan anggota DPR agar memperjuangkan segera disahkannya RUU Penanggulangan Dampak Tembakau (RUU Tembakau) bagi Kesehatan [4]

Fakultas Ilmu Keperawatan

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap pelayanan keperawatan professional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Pada awalnya pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) adalah hasil rekomendasi Lokakarya Nasional Keperawatan pada tahun 1983 untuk pengembangan tenaga keperawatan pada jenjang sarjana [5]. Saat ini, FIK dipimpin oleh Dra. Elly Nurachmah, D.N.Sc untuk periode 2004—2008. 

Sejarah

Sejarah lahirnya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) diawali dengan dibukanya Program Studi Ilmu Keperawatan yang ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK Dirjen DIKTI No. 339/D2/1985 dan SK Dirjen DIKTI No. 07/DIKTI/Kep/1986 untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan dan merupakan pendidikan tinggi jenjang Sarjana yang pertama di Indonesia.

Pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) tersebut merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan, dan lembaga terkait lain yang pada bulan Januari 1983 telah melakukan Lokakarya Nasional Keperawatan yang menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan tenaga keperawatan pada jenjang sarjana.

Pendidikan di PSIK dimulai pada bulan Agustus 1985. Ketika itu, PSIK menyelenggarakan dua jenis Program Strata I yaitu Program A menerima lulusan SMU dan Program B menerima lulusan D3 Keperawatan/AKPER. Untuk meningkatkan kesempatan bagi perawat yang bekerja mengikuti pendidikan, pada tahun akademik 1995 telah dibuka Program B Ekstensi yang diselenggarakan pada sore hari. Lama pendidikan untuk program A adalah 9 semester sedangkan program B adalah 5 semester dan lulusan kedua program ini adalah Sarjana Keperawatan yang disingkat S.Kp., dan lulusan telah memiliki kemampuan penuh sebagai perawat professional.

Pada tanggal 15 November 1995, PSIK secara resmi berpisah dengan FKUI dan membentuk fakultas baru, yaitu Fakultas Ilmu Keperawatan, sesuai surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. nomor 0332/O/1995.

Pada tahun 1998, FIK-UI menerapkan kurikulum Ners. Pada kurikulum Ners ini terdapat 2 (dua) tahap program pendidikan yaitu tahap program akademik dan tahap program profesi. Lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan yang disingkat S.Kep. dan lulusan tahap profesi adalah Ners (sebagai perawat professional).Penyebutan Program A, mulai tahun 2000 dinamakan program regular dan Program B menjadi program ekstensi yang diselenggarakan pada pagi dan sore hari.

Sejak Oktober tahun 2000, penyelenggaraan kegiatan pendidikan ilmu dasar dan ilmu keperawatan dasar terutama yang dikelola oleh Bagian Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar dilaksanakan di kampus UI Depok. Pada pembangunan gedung FIK-UI Depok tahap II sedang dilanjutkan untuk menambah fasilitas pendidikan di kampus FIK-UI Depok sejak Juli 2003.

Pada tahun 1996 FIK-UI mempunyai 4 (empat) bagian yang terdiri dari : 1) Bagian Dasar Keperawatan & Keperawatan Dasar; 2) Keperawatan Medikal Bedah, 3) Keperawatan Maternitas dan Anak dan 4) Keperawatan Jiwa & Maternitas. Namun sejalan dengan perkembangan yang terjadi khususnya terkait dengan UI sebagai BHMN, maka pada tahun 2004 FIK-UI mengembangkan bagian menjadi kelompok keilmuwan keperawatan yang terdiri atas 6 (enam) kelompok keilmuwan.

FIK-UI juga membuka program pendidikan keperawatan pada jenjang Pascasarjana, yang dimulai dengan Program Magister Ilmu Keperawatan, Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan sejak Februari 1999 dan Program Spesialis Keperawatan Maternitas & Keperawatan Komunitas sejak tahun 2003. Pada tahun 2005, kekhususan pada program Magister bertambah dengan Kekhususan Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Jiwa.

Profesi Keperawatan memiliki disiplin ilmu tersendiri dan mempunyai peran vital dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia yang dihasilkan melalui program pendidikan Ners yang meliputi tahapan pendidikan sarjana keperawatan ditambah pendidikan profesi.

Pendidikan Ners di FIK- UI terdiri dari dua jenis program, yaitu Program Reguler yang diperuntukkan bagi mereka yang lulus dari SMU jurusan IPA. Sedangkan Program Ekstensi disediakan bagi lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang Sarjana Keperawatan dan kemudian Ners. Mahasiswa program reguler aka menempuh 144 SKS (8 Semester) tahap akademik dan 25 SKS (2 Semester) tahap profesi untuk mendapatkan gelar ”Ners” (didepan nama) dan ”S.Kep” (dibelakang nama). Sedangkan untuk mahasiswa ekstensi membutuhkan minimal 4 semester (72 SKS) di tahap akademik dan 2 semester (25 SKS) di tahap profesi, untuk menjadi Ners.

Universitas Indonesia melalui Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK UI) telah menghasilkan lebih dari 3552 Ners dan 773 magister &magister spesialis keperawatan. Lulusan tersebut telah bekerja sebagai perawat porfesional bahkan beberapa berhasil menduduki posisi penting di berbagai tatanan pelayanan kesehatan, insitusi pendidikan, institusi riset, dan tatanan lain yang memerlukan keahlian keperawatan. Kurikulum pendidikan Ners di FIK-UI juga telah diakui secara internasional. Hal ini dibuktikan antara lain dengan kemudahan yang didapatkan lulusan FIK-UI untuk mendapatkan Registered Nurse (RN), di negara-negara maju untuk kemudian bekerja dengan kualifikasi yang disamakan dengan perawat di negara tersebut. Permintaan dan kebutuhan pasar terhadap lulusan FIK sangat tinggi termasuk peluang bekerja di luar negeri seperti di Australia, Jepang, Belanda, Timur Tengah, Malaysia dan Singapura, dengan penghasilan yang sangat menarik.

Untuk memenuhi kompleksitas pelayanan keperawatan, sejak tahun 1999 FIK UI membuka program Magister & Magister Spesialis yang terdiri dari Jenjang Magister dengan kekhususan:

    * Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan
    * Keperawatan Komunitas,
    * Keperawatan Maternitas,
    * Keperawatan Medikal Bedah,
    * Keperawatan Jiwa,
    * Keperawatan Anak.

Pendidikan profesi jenjang kedua (Ners Spesialis I) dengan kekhususan:

    * Keperawatan Komunitas,
    * Keperawatan Maternitas,
    * Keperawatan Medikal Bedah,
    * Keperawatan Jiwa,
    * Keperawatan Anak.

Magister Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan,

    * Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Komunitas,
    * Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Maternitas,
    * Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah,
    * Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Jiwa,
    * Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Anak.

Selain memiliki program pendidikan, Magister dan Spesialis, pada semester ganjil 2008 ini FIK UI segera akan membuka Program Doktor Keperawatan bagi lulusan Magister & Spesialis Keperawatan untuk mengembangkan IPTEK keperawatan di Indonesia.

Dengan program-program pendidikan yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, diharapkan akan menghasilkan perawat profesional yang mampu bersaing secara nasional, regional maupun global dan mampu mengembangkan IPTEK Keperawatan serta peka budaya untuk kesejahteraan masyarakat.

Program Pascasarjana

Program Pascasarjana (PPs) UI terletak di kampus Depok. PPs menyelenggarakan 11 program studi, yaitu:

    * Kajian Ketahanan Nasional
    * Kajian Wilayah Amerika
    * Kajian Kependudukan
    * Kajian Ilmu Lingkungan
    * Kajian Wilayah Jepang
    * Kajian Wanita
    * Kajian Ilmu Kepolisian
    * Kajian Timur Tengah & Islam
    * Kajian Pengembangan Perkotaan
    * Kajian Wilayah Eropa
    * Teknologi Biomedis

Saat ini, PPs UI diketuai oleh Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, Ph.D.

Pendidikan Pascasarjana sebenarnya telah mulai diselenggarakan lama sebelum diresmikannya Fakultas Pascasarjana pada tahun 1982. Tahun 1950 merupakan tahun pertama Universitas Indonesia menghasilkan tenaga ahli pada taraf pengetahuan doktor Pada tahun tersebut Fakultas Hukum menghasilkan dua orang doktor, Fakultas Kedokteran menghasilkan dua orang doktor dan Fakultas Sastra menghasilkan satu orang doktor. Pendidikan doktor pada masa itu dilaksanakan dalam bentuk kerja mandiri. Namun dengan makin banyaknya peserta, cara tersebut tidak dapat digunakan lagi. Maka pada tahun 1987, pemerintah mengeluarkan peraturan (Peraturan Menteri P & K Nomor : 0207/M/1987) yang mengharuskan perubahan bertahap Program Doktor menjadi Program Terstruktur.

Peraturan Pemerintah nomor 30 pada bulan Juli 1990, mengubah sebutan Fakultas Pascasarjana dengan Program Pendidikan Pascasarjana. Pendidikan pascasarjana menurut Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 1990 tersebut merupakan jalur pendidikan akademik yang dikelola oleh Program Pendidikan Pascasarjana, sedangkan jalur pendidikan profesi, seperti pendidikan dokter spesialis, dikembalikan ke fakultas. Lulusan pendidikan program pascasarjana bergelar Magister atau Doktor, sedangkan lulusan pendidikan profesi mendapat sebutan Spesialis.

Berdasarkan PP No. 60 Tahun 1999 dan melalui Keputusan Rektor Universitas Indonesia, Nomor 312, 313 serta 363/SK/R/UI/1999 secara resmi mulai Februari 2000, hanya program studi multidisiplin saja yang dikoordinasi oleh Program Pascasarjana, sedangkan program studi pascasarjana mono-/oligo-disiplin dikoordinasi oleh fakultas yang sama atau sesuai.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang mempelajari tentang Ilmu Pasti dan Ilmu Alam.

Sejarah

Fakultas MIPA berdiri pada tahun 1950-an, sebagai bagian dari UI cabang Bandung. Pada tahun 1959, cabang UI di Bandung berpisah dan membentuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebagai ganti FMIPA di Bandung, Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI dengan SK nomor: 108094/UU tanggal 21 Desember 1960 mendirikan fakultas sejenis untuk UI Jakarta, yaitu Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA)

Di masa awal pendiriannya, FIPIA UI membuka 4 jurusan, yaitu Jurusan Matematika, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, dan Jurusan Biologi. Pada tahun kuliah 1961/1962, kegiatan perkuliahan dipusatkan di Lembaga Eykman (Departemen Kesehatan RI) di Jalan Dipenogoro 69 Jakarta. Khusus untuk Jurusan Biologi kegiatan pendidikan diadakan di IPB hingga tahun 1967. Pada tahun 1965, FIPIA UI membuka Jurusan Farmasi, kemudian Jurusan Geografi yang semula bernaung di bawah FIPIA-Unpad diserahkan kepada FIPIA UI. Sejak tahun 1974 semua kegiatan pendidikan FIPIA UI dipusatkan di Kampus Salemba nomor 4 Jakarta. Berdasarkan Keputusan Presiden No. 44 Tahun 1982 tanggal 7 September 1982, nama FIPIA UI kemudian diubah menjadi FMIPA UI dan pada tahun akademik 1986/1987 FMIPA UI menempati Kampus Baru di Depok. Dekan FMIPA saat ini adalah Dr. Adi Basukriadi

Departemen

FMIPA membawahi departemen biologi, farmasi, fisika, geografi, kimia, dan matematika.

Biologi

Departemen Biologi FMIPA-UI merupakan pusat pendidikan dan penelitian konservasi keanekaragaman hayati dan didirikan dengan tujuan untuk meningkatan sumberdaya manusia yang mampu bersain di bidang ini. Sarana-sarananya diantara lain adalah Laboraturium Biologi Laut, Bio Perkembangan, Ekologi, Genetika, Fisiologi, Mikrobiologi, hingga Taksonomi.

Pada jenjang S1 program studi Biologi terdapat program Sarjana Reguler; Jenjang S2 terdapat Program Magister Biologi dan Magister Kelautan; Jenjang S3 terdapat Program Doktor Biologi.

Farmasi

Pada jenjang S1 program studi farmasi terdapat program Sarjana Reguler, kelas paralel dan Kelas Ekstensi.Untuk Jenjang Profesi terdapat program profesi Apoteker. Pada Jenjang S2 terdapat Pascasarjana Ilmu Kefarmasian yang terdiri dari peminatan teknologi farmasi, peminatan kimia farmasi/kimia medisinal, peminatan biologi farmasi dan peminatan farmasi klinik. 

Fisika

Departemen Fisika dan terapannya memiliki lima bidang studi kekhususan peminatan yaitu, Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material dan Zat Mampat, Fisika Instrumentasi Elektronika, Geofisika, dan Fisika Medis dan Biofisika.

Pada Jenjang S1 program studi fisika terdapat program sarjana reguler, kelas ekstensi dan kelas paralel. Pada jenjang S2 dan S3 program magister dan doktor Fisika, terdapat program studi Ilmu Material. Sarana pendidikannya diantara lain laboratorium dasar yang terdiri dari Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Lanjutan dan Laboratorium Fisika Modern.

Geografi

Pendidikan geografi disampaikan melalui pendekatan regional dan topikal. Bidang Fakultas dengan pendekatan di atas dapat ditinjau dari segi geografi fisik maupun dari geografi manusia dengan inti terdiri dari empat topik yakni kependudukan, geomofologi, klimatologi, kartografi, dimana geografi fisik menjadi keutamaan dalam pendidikan di jurusan geografi. Meskipun geografi fisik mendapat penekanan utama, jurusan tetap mendorong pengembangan geografi sosial maupun geografi regional penelitiannya maupun pengembangan kurikulumnya.

Saat ini pada program studi Geografi terdapat: Jenjang S1 Program sarjana reguler, Jenjang magister (S2) serta Jenjang Doktor (S3).

Kimia

Jenjang strata satu (Sarjana Kimia) di UI terdapat kelas reguler, ekstensi dan paralel. Jenjang strata dua (Magister Ilmu Kimia), dan jenjang strata tiga (Doktor Ilmu Kimia). Sarana diantara lain adalah perpustakaan dan fasilitas Laboraturium Kimia Dasar, Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kimia Anorganik, Kimia Organik, dan Biokimia.

Matematika

Departemen Matematika UI dilengkapi dengan sarana seperti Fasilitas Laboratorium Komputer dan Fasilitas Perpustakaan.

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Indonesia disingkat FK UI adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia dimana didirikan dengan tujuan untuk menjadi institusi pendidikan keteknikan. FT UI saat ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng.

Sejarah

Sejarah Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berawal dari tawaran kaum muda Insinyur yang tergabung dalam Perkumpulan Insinyur Indonesia (PII), kepada Presiden Soekarno, untuk membenahi jalan-jalan protokol di Jakarta yang ketika itu rusak berat. Tawaran ini disambut baik oleh pemerintah RI yang ketika itu memang sedang berusaha berbenah untuk menyambut Pekan Olah Raga Internasional GANEFO di Jakarta. Dalam waktu dua minggu, tim yang dipimpin oleh Ir. Slamet Bratanata, Ir. Roosseno, Ir. Sutami, Ir. Soehoed berhasil menyelesaikan tugasnya.

Setelah proyek selesai, muncul sebuah ide untuk mendirikan sebuah fakultas teknik di Jakarta. Alasan utamanya adalah letak Fakultas Teknik UI di Bandung terlalu jauh dan sulit dijangkau dari Jakarta.[6] Ide ini kemudian disampaikan pada sebuah acara di Gedung Pola (saat ini disebut Gedung Pembangunan). Bung Karno merespon positif dan mengundang perwakilan kelompok ini untuk datang ke Istana. Di Istana, Bung Karno menyatakan persetujuan akan ide itu dan langsung mengangkat Prof. Ir. Roosseno sebagai Dekan pertama Fakultas Teknik. Bung Karno juga menginstruksikan agar Fakultas Teknik ini berada dibawah naungan Universitas Indonesia, dimana Rektornya pada waktu itu adalah dr. Syarief Thayeb. Keputusan itu diresmikan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Nomor 76 tanggal 17 Juli 1964 tentang dibentuknya Fakultas Teknik.

Pada awalnya, FTUI hanya memiliki tiga jurusan (Sipil, Mesin, dan Elektro) dengan 32 mata ajar, dan didukung oleh 30 tenaga dosen serta 11 tenaga non-akademis. Masing-masing jurusan diketuai oleh Ir. Sutami untuk Jurusan Sipil, Ir. Ahmad Sayuti untuk Ketua Jurusan Mesin dan Ir. K. Hadinoto untuk Ketua Jurusan Elektro. Tahun berikutnya dibuka Jurusan Metalurgi dan Jurusan Arsitektur, dengan ketuanya masing-masing Dr. Ing. Purnomosidhi H dan Ir. Sunaryo S. Ir. Roosseno selaku Dekan pertama dibantu oleh Ir. Sutami selaku Pembantu Dekan Bidang Akademis, Ir. Slamet Bratanata selaku Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan serta Dr. Ing. Purnonosidhi H selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Mahasiswa tahun pertama berjumlah 203 orang mahasiswa pria dan wanita, dan 199 orang diantaranya lulus tes dan menjadi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang pertama. Dalam jangka waktu lima setengah tahun, FTUI berhasil mewisuda 18 orang lulusan pertama sebagai Sarjana S1.

Pada tahun 1985, program studi Teknik Gas dari jurusan Metalurgi digabung dengan program studi Teknik Kimia dari jurusan Mesin menjadi jurusan Teknik Gas & Petrokimia dengan ketua jurusan Dr. Ir. H. Rachmantio. Jurusan Teknik Industri merupakan yang termuda, dibuka tahun 1999 dengan ketua jurusan Ir. M. Dachyar, MSc.

Program Studi

FTUI terdiri atas tujuh departemen sebagai pengelola sumber daya akademik yang membawahi delapan program studi sebagai kesatuan rencana belajar berdasarkan suatu kurikulum teknik:

    * Departemen/Program Studi Teknik Sipil
    * Departemen Teknik Mesin/Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Perkapalan.Departemen Teknik Mesin adalah satu-satunya Departemen yang memiliki lebih dari satu Program Studi.
    * Departemen/Program Studi Teknik Elektro
    * Departemen Teknik Metalurgi dan Material /Program Studi Teknik Material
    * Departemen/Program Studi Arsitektur
    * Departemen/Program Studi Teknik Kimia
    * Departemen/Program Studi Teknik Industri

Satu program studi tingkat pascasarjana dibawah FTUI yaitu Program Studi Optoelektronika dan Aplikasi Laser.

Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang didirikan untuk menghasilkan lulusan sarjana komputer yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja global, menciptakan dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi, berpartisipasi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui pelayanan akademik dan meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam aktivitas akademik

Sejarah

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom) berdiri sejak tahun 1993, dan saat ini membuka 5 program studi untuk sarjana, 2 untuk program magister, dan 1 untuk program doktor.[7] Sebelum pendiriannya, pendidikan Ilmu Komputer di UI dilaksanakan oleh Pusilkom UI (Pusat Ilmu Komputer) yang kini berstatus sebagai unit usaha akademis di bawah Fasilkom UI.

Kegiatan akademiknya adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Jenjang Studi

    * Kelas Internasional

Sejak tahun 2002, Fasilkom-UI bekerjasama dengan School of Information Technology and Electrical Engineering, The University of Queensland (ITEE-UQ) dalam menyelenggarakan Program Sarjana Internasional (S1-Kelas Internasional) bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Peserta program ini harus menyelesaikan delapan semester pendidikan yang dibagi menjadi dua bagian, yakni pada semester 1-5 diselenggarakan di UI dan pada semester 6-8 diselenggarakan di UQ, Australia. Seluruh proses pendidikan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Kemudian, lulusan program ini akan mendapatkan dua gelar,yaitu Sarjana Ilmu Komputer dari UI, dan Bachelor of Information Technology dari ITEE UQ.

Program sarjana kelas Ekstensi

Program Studi Sistem Informasi kelas Ekstensi, atau disebut juga Program Sarjana Ekstensi Sistem Informasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan Fasilkom UI untuk menyediakan program peningkatan skill dan kompetensi bagi para lulusan program D3 di bidang-bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi dan sudah bekerja. Kompetensi utama lulusan program ini adalah kemampuan menangani penerapan sistem dan teknologi informasi dalam suatu organisasi maupun mengembangkan penelitian, khususnya penelitian terapan teknologi informasi, di sektor bisnis dan sektor publik. Sarjana. Program pendidikan sarjana reguler di Fasilkom UI Terdiri terdiri dari dua program studi, yaitu program studi Ilmu Komputer dan program studi Sistem Informasi. Kedua program studi tersebut mewakili dua bagian besar dalam kajian bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yaitu perangkat lunak (software) dan menjadi dasar dari rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan sistem informasi.

Program sarjana
Program Magister di Fasilkom UI terdiri dari dua program studi yakni Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Magister Teknologi Informasi (MTI). Program MIK dirancang sebagai research-based master program untuk mencetak tenaga ahli dengan wawasan riset dalam bidang ilmu komputer. Kegiatan perkuliahan di MIK dikaitkan dengan kegiatan penelitian yang sedang berlangsung di laboratorium-laboratorium riset Fasilkom UI, yakni Lab Computational Intelligence, Lab Digital Library and Distance Learning, Lab Formal Metnods in Software Engineering, Lab High Performance Computing & Grid Computing, Lab Image Processing and Geographics Information Systems, Lab Information Retrieval, Lab IT Governance, Lab E-Government, dan Lab Enterprise Computing. Program MTI menekankan pada pengembangan profesi serta kemampuan manajerial dalam menangani Teknologi Informasi. Fasilkom UI juga menyelenggarakan Program Pemelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Perkuliahan MTI Dual Mode. Penyelengaraan perkuliahan dilaksanakan dengan cara semi-pembelajaran jarak jauh, berupa kombinasi pengajaran melalui media elektronik, dan pengajaran di kampus Universitas Indonesia. Pengajaran melalui media elektronik tersebut dapat terselenggara dengan memanfaatkan fasilitas Student Centered E-Learning Environment (SCeLE).

Jenjang Magister (S2)
Program Magister di Fasilkom UI terdiri dari dua program studi yakni Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Magister Teknologi Informasi (MTI).

Program MIK dirancang sebagai program master berbasiskan riset untuk mencetak tenaga ahli dengan wawasan riset dalam bidang ilmu komputer. Kegiatan perkuliahan di MIK dikaitkan dengan kegiatan penelitian yang sedang berlangsung di laboratorium-laboratorium riset Fasilkom UI, yakni Lab Computational Intelligence, Lab Digital Library and Distance Learning, Lab Formal Metnods in Software Engineering, Lab High Performance Computing & Grid Computing, Lab Image Processing and Geographics Information Systems, Lab Information Retrieval, Lab IT Governance, Lab E-Government, dan Lab Enterprise Computing.

Jenjang Doktor (S3)

Program Doktor Ilmu Komputer (DIK) merupakan program doktor yang pertama di Indonesia dalam bidang Ilmu Komputer. Program ini dirancang untuk menghasilkan pakar Ilmu Komputer yang mampu menerapkan ilmunya, baik untuk penyelesaian masalah aplikatif maupun untuk pengembangan ilmu komputer lebih lanjut.

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang dikenal dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pada dasarnya memiliki kurikulum dan sistem pendidikan yang berlaku dari Faculteit der Rechtsgeleerdheid en Sociale Wetenschappen dengan modifikasi-modifikasi yang menyesuaikan atas keputusan-keputusan Konperensi Dinas Antara Fakultas Hukum Pembina se-Indonesia di Yogyakarta pada 29-31 Agustus 1968 dan kemudian penyesuaian dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0198/U/1972.

Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah sekolah hukum yang pertama di Indonesia. 

Sejarah

Awalnya Fakultas Hukum didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk mencetak tenaga hukum Indonesia diluar pengadilan, karena dalam permasalahan hukum melalui pengadilan harus menggunakan tenaga hukum dari Belanda. Pada tahun 1924 dibentuklah sekolah hukum dengan nama Rechthogeschool dengan dua bidang studi yang diajarkan, yaitu ilmu hukum dan ilmu kemasyarakatan.

Rechthogeschool kemudian digabungkan dengan Universitas Indonesia pada tahun 1955 yang kemudian berubah nama menjadi Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan. Pada tahun 1968, Ilmu Kemasyarakatan dipisahkan dari Fakultas Hukum dan dibentuk menjadi fakultas baru dengan nama Fakultas Ilmu Kemasyarakatan (FISIP). Saat ini Fakultas Hukum Universitas Indonesia dipimpin oleh Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D untuk masa periode jabatan 2003-2008.

Fakultas Hukum menyediakan berbagai fasilitas bagi mahasiswanya seperti Perpustakaan Soediman Kartohadiprodjo, Auditorium/balai sidang, Badan penerbit, Pusat dokumentasi hukum, Moot court (ruang simulasi sidang), Student Internet Centre, Ruang multimedia, dan Student Centre

Jenjang studi

   1. Program Pendidikan Jenjang S1 terdiri dari: Program Sarjana Hukum Reguler dan Program Sarjana Hukum kelas Ekstensi
   2. Program Pasca Sarjana, terdiri dari jenjang S2 Program Magister Ilmu Hukum dengan peminatan:
         1. Magister Ilmu Hukum Pidana
         2. Magister Ilmu Hukum Ekonomi
         3. Magister Ilmu Hukum Islam
         4. Magister Ilmu Hukum Negara
         5. Jenjang S2 Program Profesi Kenotariatan.
         6. Jenjang S3 Program Doktor Ilmu Hukum

Program Studi

Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia terdapat 7 (tujuh) program kekhususan (PK) yang merupakan penjurusan atau keahlian secara spesifik yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu:

   1. hukum perdata
   2. hukum pidana
   3. hukum acara
   4. hukum ekonomi
   5. hukum tata negara dan hukum administrasi negara
   6. hukum internasional
   7. hukum dan masyarakat



Sarjana (S1)

Rumpun Ilmu Kesehatan

  1. Kedokteran: Kedokteran
  2. Kedokteran Gigi: Kedokteran Gigi
  3. Kesehatan Masyarakat: Kesehatan Masyarakat, Gizi
  4. Ilmu Keperawatan: Ilmu Keperawatan

Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi

  1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Farmasi, Geografi
  2. Teknik: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Lingkungan, Teknik Komputer, Arsitektur Interior, Teknologi Bioproses
  3. Ilmu Komputer: Ilmu Komputer, Sistem Informasi

Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora

  1. Hukum: Ilmu Hukum
  2. Ekonomi: Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
  3. Ilmu Pengetahuan Budaya: Bahasa dan Kebudayaan Korea, Bahasa dan Sastra Belanda, Ilmu Arkeologi, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Sejarah, Sastra Arab, Sastra Cina, Sastra Daerah/Jawa, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Slavia
  4. Psikologi: Psikologi
  5. Ilmu Sosial dan Imu Politik: Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Antropologi Sosial, Kriminologi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Administrasi (Negara, Niaga, Perpajakan)

Vokasi (D3)

Program Studi

  • Fisioterapi
  • Okupasi Terapi
  • Perumahsakitan
  • Akuntasi Keuangan
  • Akuntansi Teknologi Sistem Informasi
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Manajemen Informasi & Dokumen
  • Administrasi Perpajakan
  • Administrasi Asuransi & Aktuaria
  • Administrasi Keuangan dan Perbankan
  • Administrasi Perkantoran & Sekretari
  • Penyiaran
  • Hubungan Masyarakat
  • Periklanan
  • Pariwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar