Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Jumat, 27 Januari 2012

Sepersekian Detik Cahaya Magnetar Sama Dengan Setengah Juta Tahun Sinar Matahari

Ini berasal dari konstelasi tahun cahaya jauh 50.000 - tetapi dampaknya bisa dilihat dengan mata manusia.

Earth telah merangsang dengan 'suar raksasa' yang setara dengan setengah juta tahun cahaya matahari hanya dalam sepersekian detik.

Begitu kuat adalah pulsa energi yang memantul Bulan dan menyala atmosfer bumi, kata NASA.


 
Blast dari jauh: bumi merangsang oleh setara dengan setengah juta tahun cahaya matahari hanya dalam sepersekian detik pada Desember 2004. Ini berasal dari magnetar SGR 1806-20, pulsa energi kuat yang dipantulkan dari Bulan dan menyala atmosfer kita

Blast dari jauh: bumi merangsang oleh setara dengan setengah juta tahun cahaya matahari hanya dalam sepersekian detik pada Desember 2004. Ini berasal dari magnetar SGR 1806-20, pulsa energi kuat yang dipantulkan dari Bulan dan menyala atmosfer kita

Ini berasal dari bintang neutron yang dikenal sebagai magnetar dengan medan magnet besar yang terletak di sisi lain dari Bima Sakti.

Bintang-bintang, juga dikenal sebagai Soft Gamma Ray Mengulang, biasanya memancarkan kilatan sinar gamma energi rendah, tapi kadang-kadang ketika medan magnet mereka kembali-align mereka dapat melepaskan semburan besar.
Seperti melakukan perjalanan melalui ruang energi ledak tersentak ribuan satelit yang mengorbit dan terionisasi atmosfer atas seluruh bumi, menyebabkan ia menyala.
flash itu terang daripada bulan purnama dan 'terang dari apa yang pernah terdeteksi dari luar tata surya kita,' menurut NASA. 

Senter: Sebuah artis rekreasi tentang bagaimana suar sinar gamma diperluas dari SGR 1806-20 sebelum berdampak pada atmosfer bumi 

Episode luar biasa yang terjadi pada tanggal 27 Desember 2004 dan disebabkan oleh pulsa dari SGR magnetar 1806-1820.

"Ini mungkin sekali dalam acara-seumur hidup untuk para astronom, serta bintang neutron," kata Dr David Palmer dari Los Alamos National Laboratory di AS

"Kami tahu hanya dua flare raksasa lainnya dalam 35 tahun terakhir, dan acara ini seratus kali lebih kuat."  Pulsa energi menimbulkan ancaman bagi bumi karena begitu jauh, tetapi adalah satu terjadi dekat kepada kita itu bisa mematikan.

Magnetar dapat menyebabkan masalah besar jika mereka bahkan belasan tahun cahaya jauhnya dan diperkirakan ada sejumlah besar dari mereka atau bintang-bintang neutron kurang kuat di Bima Sakti. Selama secepat mulai: Saat ledakan energi menyala atmosfir bumi. Selama secepat mulai: Saat ledakan energi menyala atmosfir bumi.
Para ilmuwan menunjuk ke suar yang kuat yang dikeluarkan dari GRB 080319B bintang yang bertujuan hampir tepat pada bumi dan memukul pada tanggal 19 Maret 2008.

Ledakan sinar gamma begitu cerah itu dilihat dengan mata manusia. 'The suar terbesar berikutnya yang pernah dilihat dari soft gamma repeater adalah kacang tanah dibandingkan dengan acara ini yang luar biasa 27 Desember, "kata Dr Bryan Gaensler dari Pusat Harvard-Smithsonian untuk Astrofisika di Cambridge, Massachusetts. 'Apakah ini terjadi dalam waktu sepuluh tahun cahaya dari kita, itu akan rusak parah atmosfer kita. 'Untungnya, semua magnetar kita tahu jauh lebih jauh dari ini. "  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar