Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Selasa, 24 Januari 2012

SNMPTN 2012 Usung Semangat Kebersamaan





Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 akan digelar pada Juni mendatang dan kali ini dibangun untuk menggalang kebersamaan.

Ketua Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Ahmaloka mengatakan SNMPTN kali ini bukan sekadar melakukan seleksi mahasiswa baru, tetapi juga mengemban nilai yang lebih baik. "SNMPTN tahun ini untuk membangun kebersamaan dan kepercayaan antar-PTN di seluruh Indonesia," kata Ahmaloka di Jakarta, Jumat (20/1).

Turut hadir dalam memberi keterangan, Wamendikbud Musliar Kasim, Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, Ketua Majelis SMPTN Rektor Indonesia Idrus Paturusi, serta Direktur Institusional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman.

Menurut Ahmaloka, SNMPTN 2012 merupakan edukasi nasional untuk kejujuran bagi generasi muda terdidik dan melek teknologi. Selain itu, SNMPTN 2012 ada keberpihakan PTN kepada calon mahasiswa miskin dan berprestasi dengan pemberian bea siswa Bidik Misi bagi 30 ribu mahasiswa tersebut.

"SNMPTN juga wahana perekat bangsa dalam bingkai NKRI," kata Rektor ITB ini.

Dijelaskan SNMPTN 2008-2009 merupakan konsolidasi membangun sistem, SNMPTN 2010-2011 pengembangan era online serta jalur undangan. "Nah, tahun ini SNMPTN merupakan tahap pemantapan mengintegrasikan bea siswa bidik misi dengan SNMPN," cetusnya.

Wamendikbud Musliar Kasim menyatakan SNMPTN mengapresiasi semua PTN yang mengikuti Permendiknas No 34/2010 bahwa semua PTN harus menerima mahasiswa baru melalui SNMPTN minimal 60 persen, dan melalui ujian mandiri maksimal 40 persen. Abdul Rachman menambahkan Bank Mandiri berkomitmen mengembangkan pendidikan Indonesia termasuk penyediaan layanan perbankan untuk meningkatkan efisiensi pendaftaran SNMPTN.

Dijadwalkan pelaksanaan SNMPTN Jalur Ujian Tertulis akan digelar selama dua hari, pada tanggal 12 dan 13 Juni 2012. Sedangkan Ujian Keterampilan akan digelar pada 14 dan 15 Juni 2012.

Hasil SNMPTN akan diumumkan pada 7 Juli 2012. Pendaftaran SNMPTN melalui jalur undangan dapat dilakukan mulai 10 sampai 31 Mei 2012 secara online melalui undangan.snmptn.ac.id. Lewat laman itu para pendaftar dapat mengakses segala informasi mengenai tata cara pendaftaran.Tata cara pengisian borang (formulir) pendaftaran jalur undangan dapat diunduh dari laman tersebut mulai 20 Januari 2012.

Adapun untuk pendaftaran SNMPTN melalui ujian tertulis dapat dilakukan melalui laman ujian.snmptn.ac.id. Terdapat pula cara pengisian formulir pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan yang dapat diunduh dari laman yang sama mulai 11 Maret 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar