Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Selasa, 24 Januari 2012

Dicari 1.175 Mahasiswa Unesa Tanpa Tes

SURABAYA I SURYA Online - Jalur undangan atau penerimaan mahasiswa baru di PTN tanpa tes serentak akan digelar mulai 1 Februari besok. Sesuai aturan yang ditetapkan, besaran atau kuota jalur ini sebesar 30 persen dari total mahasiswa. Kuota 30 persen ini sama persis dengan kuota Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

Kalau sekelas Unair, jumlah jalur tanpa tes ini sekitar 2.000. Namun untuk pagu jalur yang dulu dikenal PMDK (prestasi) di Unesa tersebut sudah dipastikan sebanyak 1.175. “Kami masih memberi kesempatan siswa pintar di setiap daerah seleksi tanpa tes,” kata Pembantu Rektor I Unesa, Prof Kisyani Laksono, Minggu (22/1/2012).

Kisyani memprediksi, jumlah pendaftar jalur undangan tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Begitu juga jalur ujian tulis SNMPTN. Namun bagi jalur undangan, para siswa cukup dengan sistem portofolio. Menyerahkan nilai rapor dan prestasi siswa selama di SMA.

Rapor semester 1 - 5 akan menjadi salah satu penilainnya. Selain itu, PTN juga akan melihat alumnus sekolah di PTN yang bersangkutan. Alumnus siswa di daerah bila berprestasi di Unesa, misalnya, akan memengaruhi pagu yang disiapkan Unesa untuk sekolah ini.

Seperti diberitakan, pendaftaran jalur undangan di setiap PTN sudah mulai dibuka pada 1 Frbruari hingga 8 Maret pukul 22.00. Seleksi berkas 9 Maret hingga 15Mei. Pengumuman digeber pada 25 Mei pukul 18.00 WIB. Pendaftaran ulang pada 12-13Juni.

Jumlah pagu yang sudah ditetapkan Unesa tersebut didasarkan pada total jumlah mahasiswa Unesa saat ini. Total mahasiswa S1 sebanyak 4.538. Sedangkan total mahasiswa D3 sebanyak 5.106.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar