Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Kamis, 16 Februari 2012

ULAS J1120+641 Quasar Terjauh dan Lubang Hitam Ekstrim

News KeSimpulan.com - Quasar paling jauh menimbulkan pertanyaan. Tantangan bagi teori-teori terbentuknya lubang hitam ekstrim embrio alam semesta setelah Big Bang.

Para astronom mengintip alam semesta awal dari Quasar paling jauh. Didukung oleh lubang hitam bermassa 2 miliar kali Matahari, quasar tampak seperti 12,9 miliar tahun yang lalu ketika alam semesta baru mulai muncul setelah Big Bang.

Tim peneliti internasional melapor ke Nature lubang hitam supermasif yang menarik gumpalan besar materi menjadi cengkeraman gravitasi. Akibatnya, quasar memancarkan 60 triliun kali cahaya Matahari.

Tim mengidentifikasi objek dari teleskop inframerah milik Inggris Infrared Deep Sky Survey (IDSS) yang membidik 5 persen langit dalam panjang gelombang inframerah.

Daniel Mortlock, astrofisikawan dari Imperial College London, menyamakan proses ini seperti mendulang emas.

"Anda melihat hal-hal bercahaya dalam banyak inframerah, namun tidak semua dari mereka adalah nugget. Kami punya nugget yang besar kali ini," kata Mortlock.

Sebuah objek yang dinamai ULAS J1120+641 adalah tampilan petunjuk yang baik dan teka-teki tentang alam semesta awal.

"Obyek ini berada tepat di jarak terjauh yang mungkin dapat kita lihat," kata Mortlock.

Karena waktu yang dibutuhkan cahaya Quasar dalam mencapai Bumi, para astronom menghitung 770 juta tahun setelah Big Bang. Sementara teori meramalkan quasar dapat terbentuk segera setelah Big Bang, tidak satu pun mengantisipasi melihat begitu besar saat embrio alam semesta.

"Ini seperti menemukan anak 6 kaki di Taman Kanak-Kanak," kata Marta Volonteri, astrofisikawan dari University of Michigan di Ann Arbor.

Teori menunjukkan lubang hitam kecil terbentuk dari benda-benda padat yang tertinggal setelah kematian bintang awal atau terbentuk dari gas kosmik secara langsung.

Volenteri mengatakan teori benar, ULAS J1120+641 diperlukan untuk memulai terbentuk sebelum waktu awal, menunjukkan bahwa teori keruntuhan langsung sangat baik didukung oleh temuan Quasar itu.

Para ilmuwan berharap survei langit akan menemukan lebih banyak. Avi Loeb, astrofisikawan dari Harvard University, mengatakan quasar dapat bertindak sebagai beacon cahaya yang membantu astronom membantu mempelajari alam semesta awal. Langkah-langkah selanjutnya termasuk menemukan kosmis awal dan mempelajari lingkungan quasar menggunakan panjang gelombang yang berbeda.

"Temuan menarik. Ini bisa menjadi salah satu tempat terpesona di alam semesta di mana hal-hal terjadi sangat cepat. Namun selalu berbahaya jika Anda mendasarkan segala sesuatu yang Anda tahu hanya pada satu objek," kata Chris Willott dari National Research Council Canada.
  1. Daniel J. Mortlock (Astrophysics Group, Imperial College London, Blackett Laboratory, Prince Consort Road, London SW7 2AZ, UK) et.al. A luminous quasar at a redshift of z = 7.085. Nature, 474, 616–619, 29 June 2011, DOI:10.1038/nature10159
Daniel Mortlock http://astro.ic.ac.uk/~mortlock/
Marta Volonteri http://www.astro.lsa.umich.edu/~martav/
Avi Loeb https://www.cfa.harvard.edu/~loeb/
Chris Willott http://www.nrc-cnrc.gc.ca/eng/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar