Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Rabu, 01 Februari 2012

Al-Qur’an dan Cahaya Matahari , Bulan dan Bintang

Sebelumnya kita berfikir bahwa cahaya bulan adalah cahayanya sendiri. Barulah akhir-akhir ini kita baru mengetahui bahwa bulan memantulkan cahaya dari matahari.

Firman Allah SWT :
Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari bercahaya(sirojan) dan bulan yang meminjam cahayanya (Muniraa)”.(Q.S. Furqon : 61 )

“Dia-lah yang menjadikan matahari cahaya kemuliaan(dhiya’) dan bulan yang memantulkan cahayanya (Nur) dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui”.(Q.S. Yunus : 5)

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? Dan Allah menciptakan padanya bulan meminjam cahaya(Nur) dan menjadikan matahari sebagai pelita(bercahaya-siroja)?” (Q.S. Nuh :15-16)

Dalam Al-Qur ‘an Matahari “As-Syams” selalu menggunakan  kata “siroja”  yang artinya obor , “dhiya a” artinya cahaya kemuliaan  atau “wahaj” yang berarti lampu yang hidup (pen-“wahaj di gunakan di ayat lain)Sedangkan untuk Bulan (Qomar) menggunakan kata “Nur” yang artinya pantulan cahaya, “Munira” yang artinya cahaya yang dipinjamkan. Tidak mungkin Bulan (Qomar)menggunakan kata  “siroja”  atau , “dhiya a” atau “wahaj” selalu menggunakan kata “Nur” atau “Munira”.

Bintang
 “(yaitu) bintang (An-Najm) yang cahayanya menembus(Ats-Tsaqib)”,(Q.S. At-Thariq :3)

Kata Arab untuk Bintang adalah An-Najm dan cahayanya digambarkan dengan Tsaqib, Dia menembus kegelapan dan menghabiskan diri nya sendiri. Jadi, bintang adalah benda angkasa yang memiliki cahayanya sendiri.

Jadi Al-Qur ‘an bertanya kepada kita semua dalam Surah Ar-Rahman 31 x : “Tanda-tanda dari Tuhanmu manakah yang akan kamu sangkal?” dan Al-Qur ‘an firman dari Allah SWT membutuhkan jawabannya, adakah dari kalian yang dapat mendustakan tanda-tanda dari tuhanmu?31 x Allah bertanya ini, apakah tanda-tanda bahwa bumi itu bulat dapat kalian sangkal? Atau tanda-tanda bahwa terbentuknya Bumi dari asap dan teori Big bang dapat kalian dustakan? Atau tanda-tanda bahwa bulan meminjam cahaya atau memantulkan cahaya, ini yang akan kalian sangkal?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar