Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Kamis, 02 Februari 2012

Gelombang Kosmis Berputar di Sekitar Black Hole


Black hole atau lubang hitam diduga menarik susunan ruang dan waktu di sekitarnya sambil berputar, menciptakan gelombang dimana materi kosmis berselancar di atasnya, demikian diungkapkan para astronom.

Ini adalah bukti baru bahwa beberapa black hole berputar, bahkan ketika mereka menarik semua objek di dekatnya, termasuk cahaya. Penelitian tambahan juga menunjukkan bahwa black hole bisa memutar material dengan kecepatan tinggi, hingga 32.000 kilometer/jam.
“Gas-gas yang berada di sekitar black hole tidak akan punya pilihan lain kecuali mengikuti arus putaran itu,” kata Jon Miller dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. “Albert Einstein sendiri sesungguhnya telah memperkirakan hal ini 80 tahun lalu, dan kini kami mulai melihat buktinya.”

Karena black hole menarik segala sesuatu termasuk cahaya, maka mereka tidak bisa terlihat. Namun para astronom telah sejak lama mempelajari fenomena-fenomena yang tampak di sekitar black hole, dan menemukan apa yang mereka sebut sebagai piringan tambahan – suatu bundaran materi yang biasanya berisi materi-materi yang dihisap dari bintang-bintang di dekatnya, yang merupakan sumber makanan black hole.

Salah satu karakteristik yang diamati para astronom di mulut black hole adalah pancaran cahaya sinar-X. Sangat masuk akal bila pancaran itu terpercik amat cepat karena black hole sendiri berputar dengan kecepatan tinggi.
Hal yang sedikit membingungkan adalah bila percikan sinar-X itu menjadi lebih lambat hingga seper seratus laju pancaran tercepat, kata Miller dalam pertemuan American Astronomical Society. Menurut dugaan Miller, pancaran yang melambat itu bisa jadi merupakan frekuensi lengkungan antara ruang dan waktu.

Sementara itu, tim peneliti lain yang juga mempelajari black hole mendeteksi adanya tiga gumpalan gas seukuran Matahari yang berputar sepanjang piringan tambahan sebuah black hole.
Dengan mengamati atom-atom besi, yang merupakan pertanda guna mengetahui apa yang terjadi di sekitar black hole, para ilmuwan bisa memperkirakan bahwa gumpalan-gumpalan ini menyelesaikan satu putaran penuh dalam waktu satu hari, dengan kecepatan 32.000 km/detik.
Karena gumpalan-gumpalan ini jauh dari pusat black hole, seperti jarak Jupiter dari Matahari, maka fenomena ini sungguh menakjubkan. Sebagai perbandingan, Jupiter memerlukan waktu 12 tahun untuk mengelilingi Matahari.

Sumber: Kompas 12-01-2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar