Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Kamis, 02 Februari 2012

NASA Kirim Foto Manusia ke Luar Angkasa


Pesawat ulang--alik Discovery merapat di
Stasiun Angkasa Luar Internasional 
(AP Photo/NASA TV)
 
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan "menerbangkan" gambar foto siapapun yang mengunggah foto mereka di situs Face in Space ke Stasiun Angkasa Luar Internasional.

Kampanye "Face in Space" itu merupakan bagian dari tradisi NASA untuk membawa cinderamata keluar dari lingkup atmosfer Bumi, sekaligus memanfaatkan kesempatan sebelum pesawat  Discovery dan Endeavour dipensiunkan.

Seperti dikutip dari laman Telegraph edisi Selasa, 8 Juni 2010, membawa cinderamata atau kenang-kenangan menuju ruang hampa udara sudah menjadi tradisi NASA sejak lama.

Sejak 1997, misi pesawat ulang-alik membawa tanda tangan sejumlah pelajar sekolah dalam program bernama "Student Signatures in Space". Saat itu, pesawat angkasa luar Cassini membawa satu disket berisi tanda tangan para siswa menuju orbit Saturnus.

Sedangkan Phoenix Mars Lander membawa sebuah DVD berisi tanda tangan ke kutub utara Planet Mars dan pesawat Lunar Reconnaissance Orbiter membawa sebuah microchip ke bulan.

Namun, ini merupakan kali pertama masyarakat diundang untuk mengirimkan foto diri masing-masing untuk kemudian dibawa ke angkasa luar.
Orang berusia di atas 13 tahun bisa mengunggah foto dan memilih salah satu dari dua misi terakhir pesawat ulang alik. Setelah pesawat ulang alik kembali, mereka bisa mencetak semacam "sertifikat terbang" yang ditandatangani oleh komandan misi.

Misi STS-133 akan menerbangkan pesawat ulang alik Discovery pada 16 September 2010, dan misi STS-134 akan mengerahkan Endeavour pada November 2010.(np)

Sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar