Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung !
Diharap komentarnya agar lebih bermanfaat, menambah wawasan dan hikmah

Kamis, 02 Februari 2012

Pendaratan Endeavour di Malam Hari


Pesawat Endeavour saat mendarat di Cape
Canaveral, Florida, AS (AP Photo)
 
Pesawat ulang-alik luar angkasa buatan Amerika Serikat (AS), Endeavour, dan enam astronotnya tiba kembali ke Bumi. Endeavour mendarat di Kennedy Space Center, Florida, AS, Minggu larut malam waktu setempat 21 Februari 2010 (Senin pagi WIB), setelah menyelesaikan misi selama dua pekan.

Selama misi di Stasiun Angksa Luar, komandan George Zamka dan krunya menginstal ruangan baru, Tranquility, dan jendela pengamatan. Cuaca tidak bersahabat menjelang pendaratan Endeavour.

Sepanjang hari, langit berawan sehingga pesawat terancam tetap berada di orbit. Namun pada akhirnya langit cerah, dan pusat kendali memberi izin bagi Zamka untuk mendarat di saat malam yang jarang dilakukan.

Ini merupakan pendaratan ke-23 di waktu malam dari 130 pendaratan pesawat ulang-alik. Pendaratan malam hari terakhir terjadi tahun 2008 oleh Endeavour. "Malam yang indah untuk mendarat di Florida," kata pusat pengendali misi melalui radio.

Tranquility menjadi tempat penyimpanan peralatan life-support, mesin latihan fisik, dan sebuah toilet, serta kubah dengan tujuh jendela. Sedangkan dek pengamatan yang telah dipasang memiliki jendela berupa lingkaran berdiameter 31 inci untuk mengamati Bumi.

Pemasangan perangkat tersebut merupakan konstruksi besar-besarandi stasiun angkasa luar. Perangkat-perangkat baru tersebut bernilai lebih dari US$400 juta yang disuplai oleh Badan Antariksa Eropa. (Associated Press)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar